Selasa, 24 Juni 2014

Cara Menghadapi Kesulitan Hidup dan Banyak Hutang

JAWABAN CARA MENGHADAPI KESULITAN HIDUP DAN BANYAK HUTANG

Penjelasan Anda terlalu singkat sehingga saya tidak dapat memberi nasihat secara konphrensif dan memuaskan. Sehingga jawaban berikut hanya bersifat umum tidak spesifik. Namun demikian semoga ada poin-poin yang dapat memberi Anda sekelumit cahaya inspirasi dan ide untuk keluar permasalahan yang sedang Anda hadapi.

Permasalahan Anda intinya adalah masalah ekonomi. Suatu masalah klasik karena ekonomi adalah masalah paling mendasar yang dibutuhkan umat manusia tanpa memandang agama, suku dan kebangsaannya. Orang yang kekurangan di bidang ini akan menghadapi masalah cukup besar dan itu tentu akan mengganggu ketenteraman hatinya. Walaupun orang yang terpenuhi kebutuhan ekonominya belum tentu bahagia juga.

Sebenarnya dengan kemampuan Anda mengakses internet dan mengirim pertanyaan pada kami itu menunjukkan Anda termasuk orang yang terpelajar, dan memiliki level pendidikan lumayan baik. Kalau itu benar, maka ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan terlebih dulu yaitu (a) kenapa dengan pendidikan yang baik Anda tidak dapat keluar dari problema kemiskinan? (b) Apakah Anda dulunya kaya kemudian bangkrut? (c) Apakah Anda hidup boros sehingga banyak hutang? (d) Apakah banyak hutang itu timbul dari musibah kecelakaan atau sakit?

Jawaban dari sejumlah pertanyaan saya tersebut akan sangat berpengaruh pada jawaban yang akan saya berikan pada Anda. Namun kalau Anda berkeberatan menjawabnya, berikut respons umum dari saya sebagai solusi dari permasalahan Anda:

Pertama, carilah pekerjaan yang sesuai dengan bidang kemampuan Anda atau dengan bidang yang Anda sukai. Kalau tidak ada, dapatkan pekerjaan apapun yang tersedia. Intinya, jangan membiarkan diri menganggur. Selain itu, cari tambahan penghasilan

Kedua, hiduplah dengan sederhana. Jangan konsumtif. Hidup konsumtif adalah awal dari kehancuran.

Ketiga, selalu rajin berkomunikasi dengan siapapun untuk mendapatkan peluang kerja atau bisnis yang lebih baik. Bergabunglah dengan perkumpulan atau organiasi apapun yang dapat membuat Anda bertemu dengan lebih banyak orang.

Keempat, rajin beribadah shalat wajib 5 waktu, plus shalat dhuha dan shalat tahajud. Mintalah pada Allah dengan penuh harap insyaAllah doa Anda akan terkabul. Sebagai muslim, rasa putus asa harus dijauhkan dari pikiran Anda. Penuh pengharapan adalah salah satu kunci keimanan. Jaga asa dan terus berusaha.

Kalau Anda pernah berbuat dosa pada Allah di masa lalu, bertaubatlah nasuha. Kalau punya hak orang lain yang Anda ambil, mintalah maaf padanya. Mulailah hidup baru dengan hati yang sama sekali baru.

Kebangkitan hidup di bidang ekonomi dapat dimulai dengan ketenangan hati dan optimisme dalam memandang masa depan. Semoga Anda menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat. Amin

by:  http://www.alkhoirot.net/2012/09/cara-menghadapi-kesulitan-hidup-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar